Jurusan Informatika Unsoed Gelar SENIKO dan “Launching” Prodi Baru Teknik Komputer


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Jurusan Informatika Fakuktas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menggelar Seminar Nasional Informatika dan Komputer (SENIKO) bertajuk “”Kontribusi Artificial Intelligence di Era Transformasi Digital”. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Java Heritage Purwokerto, Senin (24/6/2024), dihadiri Rektor Unsoed yang diwakili Wakil Rektor (Warek) Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Dr Sos Waluyo Handoko SIP, M.Sc. Wakil Rektor (Warek) Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unsoed Dr Sos Waluyo Handoko SIP, M.Sc.

Peserta seminar nasional ini melibatkan lebih dari 70 institusi di seluruh Indonesia, dan acara tersebut juga diikuti peserta dari Techniche Universitat Dresden di Jerman dengan co-host Universitas Negeri Manado dan Pradita University.


Menurut pengarah SENIKO Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom., ratusan pemakalah peserta seminar tersebut dijadwalkan bergantian melakukan presentasi dalam forum ilmiah ini, untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka tentang bagaimana Artifical Inteligence (AI) dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan inovasi dalam berbagai bidang.

Acara ini menghadirkan dua pembicara utama yaitu Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. dan Prof. Dr. Ir. Hamdani, S.T., M.Cs., IPM yang merupakan pakar terkemuka dalam bidang AI di Indonesia.

Wakil Rektor (Warek) Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unsoed Dr Sos Waluyo Handoko SIP, M.Sc dan Rektor Pradita University Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A

Dekan Fakultas Teknik UNSOED, Prof.Dr. Eng. Ir. Agus Maryoto, S.T, M.T yang diwakili Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Nor Intang Setyo Hermanto ST.,MT menyampaikan, AI atau kecerdasan buatan telah menjadi elemen kunci di berbagai sektor seperti sektor industri, pendidikan, kesehatan, dan berbagai layanan publik. Wakil Rektor (Warek) Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unsoed Dr Sos Waluyo Handoko SIP, M.Sc menyerahkan cendera mata kepada Rektor Pradita University Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A

“Seperti yang kita ketahui, kecerdasan buatan telah mengubah cara kita hidup kita dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang lain di era kini,” papar Dekan.

Launching Prodi Baru Teknik Komputer

Pada acara ini juga di-launching program studi baru di Jurusan Informatika Fakultas Teknik UNSOED yaitu Program Studi Teknik Komputer. Program Studi ini telah menerima 80 mahasiswa untuk tahun ajaran 2024/2025 dari seribu lebih jumlah pendaftar.

Hal tersebut selaras dengan penjelasan Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr, bahwa pada tahun 2024 ini Universitas Jenderal Soedirman telah membuka 9 program studi baru dan salah satu di antaranya adalah Teknik Komputer, yang merupakan program studi di bawah jurusan Informatika, Fakultas Teknik UNSOED.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unsoed Dr Nurul Hidayat, M.Kom bersama Rektor Pradita University Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A

Dalam sambutannya Rektor juga mengungkapkan harapannya agar acara ini dapat terus diadakan berkelanjutan sebagai sarana berbagi pengetahuan dan ide-ide baru untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Acara ini dapat terselenggara atas kerjasama antara Jurusan Informatika dengan Pemodalan Nasional Madani (PNM) serta didukung oleh PT. Aridas Karya Satria, Lawang Sewu Teknologi, Jenderal Solusi Digital, tripio.co.id , Nadira Stationery dan Tabloid Pendidikan Edukator.



Penulis     : Dr. Nurul Hidayat

Editor       : Fajar

Foto           : Dokumen Fakultas Teknik Unsoed

Posting Komentar

0 Komentar