FK Unsoed Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Sosialisasi dengan: pimpinan Fakultas Kedokteran Unsoed, Koordinator, Para Subkoordinator, Para Kajur/Sekjur, dan Kandidat Tim Pelaksana Pembangunan ZI di Ruang Rapat lantai 1 Gedung C Fakultas Kedokteran Unsoed.

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Berdasarkan SK Rektor Unsoed nomor: 950/UN23/OT.O2/ 2024 Tentang Penetapan Fakultas Kedokteran Sebagai Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan SE Rektor Nomor: B/1644/UN23/OT.00.01/2024 perihal pelaksanaan zona integritas maka pada hari Rabu 03 Juli 2024 Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (FK Unsoed) mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Langkah ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk membangun komitmen bersama internal FK Unsoed dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan lingkungan kerja yang berintegritas. Sosialisasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk penguatan sistem anti korupsi, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan reformasi birokrasi. FK Unsoed berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada pelayanan, ujar Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed dr.Yudhi Wibowo,MPH. selesai pemaparan yang dipandu oleh Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Berdasarkan Permenpan RB nomor 90 tahun 2021, disebutkan bahwa kerangka logis pembangunan zona integritas mencakup komponen pengungiit (60%) dan komponen hasil (40%). Komponen pengungkit meliputi 6 area yaitu manajemen perubahan; penataan tatalaksana; penataan sistem manajemen SDM aparatur; penguatan pengawasan; penguatan akuntabilitas kinerja; dan peningkatan kualitas pelayanan publik, kata dr.Yudhi (sapaan akrab dr.Yudhi Wibowo,MPH).

Sosialisasi ini menurut dr.Yudhi selain bertujuan membangun komitmen internal FK juga sekaligus membahas proses pembentukan tim pelaksana reformasi birokrasi, proses seleksi kandidat agent of change, rencana aksi tahun 2024, dan evaluasi melalui Lembar Kerja Evaluasi (LKE).

Selanjutnya dr.Yudhi yang juga Dosen Ahli Epidemiologi Lapangan dari Fakultas Kedokteran Unsoed menjelaskan bahwa berdasar kesepakatan maka telah terbentuk tim pelaksana reformasi birokrasi FK tahun 2024 yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan 6 divisi sesuai 6 area pengungkit yang masing-masing terdiri dari 2 anggota. Tim ini terdiri dari unsur dosen dan tendik di lingkungan FK yang memiliki integritas dan komitmen membangun zona integritas.

dr. Yudhi Wibowo, M.P.H selaku Wakil Dekan Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran Unsoed yang memimpin sosialisasi ini, sangat berharap bahwa langkah nyata selanjutnya paska terbentuknya tim adalah pencanangan zona integritas dan berharap dapat dilakukan bersama dengan fakultas lain dilingkungan Unsoed. Dengan demikian gaung pencanangan zona integritas di Unsoed akan lebih terkesan luar biasa akbar. Langkah selanjutnya diikuti dengan penandatanganan bersama piagam dan pakta integritas bentuk komitmen membangun zona integritas disertai publikasi masif melalui berbagai media.

Melalui program ini, FK Unsoed berharap dapat mewujudkan tata kelola yang baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pendidikan tinggi, kata dr.Yudhi (Alumni Master Public of Health/MPH dari UGM, Yogyakarta).

Pembangunan Zona Integritas ini juga sejalan dengan visi universitas untuk menjadi institusi unggul yang berkontribusi pada pembangunan nasional dan diakui internasional, sesuai selogan Unsoed yaitu merdeka, maju dan mendunia, ungkap dr.Yudhi.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar