Kunjungan Mahasiswa Magister Agribisnis, Pascasarjana Unsoed (Eksplorasi Peluang Bisnis Sektor Pertanian)

Foto bersama dengan Kepala BPSI Tanaman Industri dan Penyegar Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Kunjungan lapang Mahasiswa Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana, Unsoed dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni tanggal 11 - 12 Juli 2024 di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Penyegar (BPSI TRI, Sukabumi) dan Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Rempah, Obat dan Aromatik (BPSI TROA Bogor). Kegiatan kunjungan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Magiater Agribisnis untuk menambah wawasan praktis Mahasiswa, ujar Koordinator Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana Unsoed Dr.Dindy Darmawati Putri,SP.,MP. selesai bincang-bincang dengan Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com pada hari ini Rabu 17 Juli 2024.

Dr. Dindy Darmawati Putri menyerahkan Cenderamata dari Prodi Magister Agribisnis Unsoed kepada Dr.Tedy Dirhamsyah Kepala BPSI Tanaman Industri didampingi Dosen Prodi Agribisnis Unsoed.

1. Kunjungan di BPSI TRI, Sukabumi

Pada Hari Kamis, 11 Juli 2024 Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar (BPSI TRI) di Jalan Raya Pakuwon Km.2, Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat menerima kunjungan dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto. Agenda dimulai dengan selayang pandang BPSI TRI yang disampaikan langsung oleh Kepala Balai, Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB., ujar alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1991 Dr.Tedy (sapaan akrab Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,M.A.B) selesai bincang-bincang jarak jauh dengan Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Koordinator Program Studi Magister Agribisnis Unsoed Dr.Dindy Darmawati Putri,SP.,MP., mengucapkan rasa terima kasih kepada BPSI TRI karena telah menerima dan melaksanakan kunjungan industri ini. Dr.Dindy menekankan pentingnya kunjungan ini dalam meningkatkan wawasan praktis bagi mahasiswa Pascasarjana Unsoed. Ia menambahkan bahwa pertemuan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan proses benchmarking, bertukar ide, dan mendapatkan wawasan langsung mengenai industri.

Pada kesempatan ini, menurut Dr.Tedy mahasiswa Pascasarjana dari Unsoed saat kunjungan di BPSI TRI berkesempatan melihat langsung pemanfaatan lahan perkebunan melalui kegiatan intercropping, seperti pada tanaman kelapa dan kakao, yang dapat mendorong akselerasi produksi pada kedua komoditas tersebut. Selain itu, mahasiswa Pascasarjana juga mengikuti pelatihan coffee roasting dan cupping. Di sesi ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman serta pengetahuan mengenai pengolahan dan pemrosesan biji kopi, mulai dari biji kopi mentah hingga menjadi kopi siap seduh.

Dr.Tedy berharap melalui kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa dapat membangun jejaring dengan profesional yang baik dan berguna bagi karier mereka di masa depan.

Kunjungan Mahasiswa S2 Agribisnis ke BPSI Tanaman Rempah, Obat, dan Aromatik di Bogor.

2. Kunjungan di BPSI TROA, Bogor

Kunjungan Mahasiswa di hari ke dua pada Jum'at 12 Juli 2024 dilakukan di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Rempah, Obat dan Aromatik (BPSI-TROA). Kunjungan disambut oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPSI-TROA, Yadi Rusyadi,SSi.,MSi., kemudian dilanjutkan tentang penjelasan singkat mengenai jenis-jenis tanaman rempah, obat, dan aromatik yang dikembangkan di sana berikut potensi pemasarannya. Sesi kunjungan dilanjutkan ke laboratorium pengujian BPSI-TROA. Di sini mahasiswa dijelaskan jenis-jenis peralatan, metode pengujian, dan apa saja yang dapat diujikan di labroratorium tersebut. Selanjutnya mahasiswa diajak berkeliling di petak pamer dan Kebun Wisata Ilmiah (KWI). Di kebun tersebut mahasiswa dapat melihat secara langsung jenis-jenis tanaman rempah, obat, dan aromatik serta dijelaskan pula macam-macam manfaatnya bagi manusia serta melihat produk akhir yang sudah dikembangkan seperti aneka minuman tradisional, balsem, aromaterapi, dan lainnya, ungkap Dr.Dindy (sapaan akrab Dr.Dindy Darmawati Putri,SP.,MP).

Pemberian kenang-kenangaan oleh Dr.Dindy Darmawati Putri,SP.,MP. kepada BPSI TROA yang diwakili Yadi Risyadi,SSi.,MSi. Kasubag TU BPSI TROA.

Dr.Dindy yang juga dosen ahli Manajemen Rantai Pasok Hasil Pertanian dari Fakultas Pertanian Unsoed menyampaikan bahwa mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Harapannya akan menjadi pengalaman berharga untuk Mahasiswa nanti setelah lulus dari Magister Agribisnis Unsoed.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein  M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar