Soedirman Robotic Team Berlaga di Ajang KRI Nasional 2024

Dr. ENHA memberikan arahan dan do'a pelepasan Tim Robotic Unsoed menuju UMS

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Unit Kegiatan Mahasiswa Soedirman Robotic Team (UKM SRT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengirimkan 2 (dua) tim dalam Kontes Robot Indonesia 2024 tingkat Nasional. Kedua tim tersebut yaitu Tim Satria dari divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan Tim Blakasutha dari divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dengan dosen pembimbing Priswanto,ST.,MT. dan Agung Mubyarto,ST.,MT., ujar Wakil Dekan Fakultas Teknik Unsoed Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom. saat pemaparan yang dipandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 di UMS Solo.

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat Nasional menurut Dr.ENHA (sapaan akrab Dr.Ir.Nurul Hidayat,SPt.,M.Kom) resmi dibuka pada Rabu, 03 Juli 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif, MSi., dalam sambutannya mengatakan "Disinilah pentingnya pengembangan kemampuan kreativitas, ļinovasi, dan strategi Dengan ini kontes robot menjadi salah satu wahana mahasiswa dalam implementasi kreativitas dan inovasi melalui teori yang didapat di bangku kuliah".

Personal in Charge (PIC) dan Para Pembina Robotic Unsoed.

Turut hadir Dr.ENHA dalam acara pembukaan yang mewakili pimpinan Unsoed dalam ajang KRI 2024. Kemudian setelah pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan Running Test yang diikuti dengan baik oleh kedua Tim dari SRT Unsoed. Kegiatan Running Test tersebut memberikan gambaran kedua Tim dalam kegiatan perlombaan yang dilaksanakan. Running Test juga dilakukan sebagai latihan dan adaptasi bagi robot terhadap arena perlombaan. Seusai kegiatan Running Test, kedua tim kembali mengecek performa dari masing-masing untuk memaksimalkan robot, kata Dr.ENHA.

Ketua umum SRT 2024, Bintang Satria mengungkapkan bahwa seluruh tim telah mempersiapkan semaksimal mungkin untuk mengikuti KRI tingkat Nasional ini dan telah siap untuk mengikuti perlombaan yang dilaksanakan pada 4 - 5 Juli 2024.


Arsyada Rizqi selaku ketua tim Satria juga menyatakan bahwa timnya telah memaksimalkan persiapan robot yang akan dilombakan tersebut pada divisi timnya, yaitu Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

"Kami telah melakukan berbagai pengujian dan simulasi untuk memastikan strategi yang digunakan dapat berjalan dengan optimal," ujar Firdaus Reza selaku ketua Tim Blakasutha divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI).



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar