Plt Kadis PKH Jateng Ign Hariyanta Meriahkan Hari Ayam dan Telur Nasional 2024 di Solo

Ignasius Hariyanta menerima cindera mata dari Ketua Umum Pinsar Indonesia Singgih Januratmoko , didampingi Pengurus Pinsar Pusat dan Solo Raya.

Solo, Kafapet-unsoed.com. Ir.Ignasius Hariyanta Nugraha,MSi. alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1986 yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Jawa Tengah turut hadir di puncak acara Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan World Egg Day (WED) 2024 yang diadakan di arena Car Free Day, Jalan Slamet Riyadi, Solo, pada hari Minggu, 13 Oktober 2024, ungkap alumni Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed angkatan 1985 Bambang Suharno selesai bincang-bincang jarak jauh dengan Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Suasana acara Pemecahan Rekor MURI, HATN 2024.

Menurut Bambang Suharno, sebagaimana dilaporkan oleh majalahinfovet.com, Solo Pos, dan berbagai media lainnya, acara yang berlangsung di Perempatan Pasar Pon ini dihadiri 2.300 siswa SD dari berbagai sekolah di Solo dan berhasil memecahkan rekor MURI sebagai kampanye konsumsi ayam dan telur dengan peserta terbanyak di Indonesia. Tema acara "Ayam dan Telur untuk Masa Depan yang Lebih Sehat" bertujuan mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak, tentang pentingnya konsumsi protein hewani yang terjangkau dari ayam dan telur untuk mendukung pertumbuhan.

Ignatius Haryanta (no 2) bersama Bambang Suharno (no 3) berserta sejumlah Pejabat dan Pimpinan Asosiasi Peternakan.

Selain Ignasius, acara ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat dan pimpinan asosiasi peternakan dari pusat dan daerah, serta Duta Ayam Telur Nasional Hana Nadia. Hadir juga sejumlah pengus Pinsar Daerah antara lain Kalteng, Sulut, NTB, Jabar, Jatim, DIY, dan daerah lainnya, jelas Bambang Suharno.

Selanjutnya Bambang Suharno mengatakan bahwa dalam salah satu sesi talkshow di awal acara Puncak, Hana Nadia, Duta Ayam dan Telur Indonesia, menekankan pentingnya daging ayam dan telur sebagai sumber protein yang berkualitas tinggi namun terjangkau, terutama bagi perkembangan anak-anak.

Singgih Januratmoko, Ketua Umum Pinsar Indonesia, menambahkan bahwa partisipasi siswa SD dalam kampanye ini bertujuan mengajarkan sejak dini pentingnya konsumsi ayam dan telur sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat, ujar Bambang Suharno.

Ignasius Hariyanta bersama Peserta Rekor MURI.

Ignasius berharap bahwa kampanye ini akan membantu masyarakat lebih sadar akan pentingnya protein hewani, terutama untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. “Kami ingin menghilangkan stigma buruk di sektor peternakan dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat besar protein dari ayam dan telur,” tutupnya.

Ignasius Hariyanta dan Tim Dinas PKH Jateng.

Rangkaian kegiatan menuju acara puncak ini juga mencakup berbagai seminar, talkshow, aksi sosial, bazaar, dan edukasi di Fakultas Peternakan (Fapet) UNS yang diinisiasi bersama oleh Bambang Suharno (Fapet Unsoed 1985), Dr.Ahmad Pramono, S.Pt.,MP. (Fapet Unsoed 2002), serta para dosen dan mahasiswa Fapet UNS.

Rangkaian Acara HATN

Pada Mei 2024, Bambang Suharno (Fapet Unsoed 1985) beserta pengurus Pinsar (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat ) Pusat dan Pinsar Solo Raya mengunjungi Dinas PKH Jateng, membahas rencana HATN yang akan dipusatkan di Solo. Bambang dalam hal ini hadir sebagai wakil Ketua HATN 2024, didampingi oleh Ketua Panitia Pusat HATN Ricky Bangsaratoe . Ignasius menyambut baik rencana ini dan menegaskan kesiapan Dinas serta ISPI Jateng untuk berpartisipasi. 

Bambang juga berdiskusi dengan Ahmad Pramono (Fapet Unsoed 2002) selaku dosen Fapet UNS dan sebagai Kepala Unit Magang Fakultas Peternakan (Fapet) UNS, beserta civitas akademika Fapet UNS untuk mengajak kerjasama dengan Fapet UNS dalam rangkaian kegiatan HATN di Solo. Bambang Suharno menjelaskan bahwa rangkaian acara HATN dimulai bulan September 2024 meliputi seminar perunggasan, seminar gizi ayam dan telur, talkshow, seminar startup bisnis perunggasan, aksi sosial, dan bazaar, serta acara puncaknya berupa kampanye ayam dan telur serta pemecahan rekor MURI.

Seminar Start Up Bisnis Perunggasan berlangsung 21 September 2024 di UNS Solo dihadiri oleh sejumlah pimpinan Fakultas, pimpinan asosiasi peternakan, serta mahasiswa dari beberapa kampus di Solo Raya sebagai peserta, kata Bambang Suharno.

Silaturahmi dengan KAFapet Unsoed Solo Raya: Ahmad Pramono (2002, kiri), dan R Giarso Setyawan (1986, tengah)

Di sela-sela rangkaian acara HATN Bambang menyempatkan melakukan silaturahmi dengan beberapa alumni Fapet Unsoed di wilayah Solo Raya antara lain Ahmad Pramono, R Giarso Setyawan, dan Ignasius Hariyanta Nugraha.


Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar