Prof.Dr.Ir.Elly Tugiyanti, MP.IPU.,ASEAN Eng ikuti SEC Asia Feed Millng Intermediate Course di Bangkok


Bangkok, Kafapet-unsoed.com. United State Soybean Export Council (USSEC) merupakan organisasi asal Amerika Serikat (AS) yang berfokus untuk memaksimalkan pemanfaatan, nilai, dan distribusi atas penggunaan kedelai. Melalui jaringan global kantor internasional dan dukungan kuat di AS, USSEC bekerja untuk memperkenalkan kedelai dan produk kedelai AS ke seluruh dunia, ungkap Prof Elly (sapaan akrab Prof.Dr.Ir.Elly Tugiyanti, MP.IPU.,ASEAN Eng) saat pemaparan yang di pandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com pada hari Selasa 01 Oktober 2024.

Prof. Elly yang juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unsoed menjelaskan mungkin banyak yang bertanya, Mengapa Prof Elly dapat mengikuti SEC Asia Feed Milling Intermediate Course, 16-17 September, 2024 di Bangkok yang diselenggarakan oleh USSEC.

Awalnya Prof Elly mendapat kabar dari Bambang Suharno (alumni Fapet 85) bahwa ada seleksi dari USSEC untuk dosen Fapet yang mendalami industri pakan untuk diikutkan dalam program kursus yang akan diselenggarakan di Bangkok. Bambang menyarankan Prof Elly dan rekan-rekan mendaftar.

Prof Elly antusias untuk mengikuti saran tersebut. Kursus yang diadakan USSEC melalui Asia Soy Excellence Center (ASEC) diawali secara hybrid online yang merupakan bagian dari tahapan seleksi. 

Kegiatan Feed Mill Basic berlangsung selama 4 sesi yang diselenggarakan selama 4 minggu secara online di setiap hari Jum’at jam 10.00 – 12.00 WIB mulai dari tanggal 23 Oktober 2023 hingga 17 November 2023. Peserta harus menghadiri 3-4 tatap muka dan diberi kesempatan untuk tanya jawab, pada setiap sesi dilakukan pre test dan post test.

Prof.Dr.Ir.Elly Tugiyanti, MP.IPU.,ASEAN Eng (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Prof. Elly merupakan salah satu peserta yang nilainya dinyatakan lulus sehingga diikutkan ke Soy Excellence Center Asia Feed Milling Intermediate Course for the animal protein industry and relevant stakeholders yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 September 2024.

Materi kursus yang diberikan menurut Prof.Elly ada 14 yaitu: 

1. An overview of Basic Feed Manufacturing

2. Reception and Sampling of Raw Materials

3. Quality Assurance and Control in Feed Manufacturing

4. Storage and Grain Quality Management

5. Batching and Mixing Operations 

6. Full Fat Soy Processing  

7. Principles of Pelleting

8. Pellet Cooling and Crumbling

9. Particle Size Reduction

10. Post-Pellet Liquid applications 

11. Extrusion Processing

12. Finished Feed Load out

13. Animal Nutrition for feed Manufacturing 

14. Developing an Effective Maintenance Program for Feed Mill.

Foto Prof Elly dan Dr.Titin Widiastuti Widiatuti (Dosen Fakultas Peternakan.Unsoed)

Pelaksanaan Sec Asia Feed Milling Intermediate Course di Four Points, Sheraton Bangkok Hotel, Sukhumvit 15, Thailand. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Khurram Shahbaz, Regional Special Projects Facilitator, South Asia U.S. Soybean Export Council dan diawali penyampaian Latest SEC Developments oleh Mr. Yiannis Christodoulou, Managing Director Athene Consulting Co., Ltd. SEC Asia Lead. Pemberi materi ada 3 orang yaitu : Mr. Matthew Clark, Managing Director FeedGuys Resources Pte Ltd, Engr. Conrado U. Bulanhagui, Technical Consultant Food & Agro-Industrial Facilities Projects, dan Mr. Albert Wang, Assistant Sales Manager Avantron Micro Co., Ltd. (CPM group). Jumlah peserta kursus ini berasal dari beberapa negara antara lain Indonesia, India, Banglades, Nepal, Vietnam, Malaysia, Srilangka dan lainnya. Peserta terdiri dari akademisi perwakilan dari beberapa universitas, praktisi dan juga perwakilan dari beberapa Perusahaan Pakan Ternak. Peserta dari Indonesia ada 10 orang dan saya berangkat bersama dengan Dr. Titin Widiastuti, MSi dari Fakultas Peternakan Unsoed yang mendapat penghargaan atas kesuksesan penyelenggara kegiatan USSEC di Fakultas Peternakan Unsoed beberpa bulan yang lalu, jelas Prof.Elly.


Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer